Senin, 23 Mei 2011

Festival Reog Jember (FRJ) III 2011

Paguyuban Seni Reog Mahasiswa (PSRM) Sardulo Anurogo Universitas Jember telah menggelar agenda tahunan, “Festival Reog Jember (FRJ) III 2011”.

Kegiatan ini telah diadakan pada tanggal 21-22 Mei 2011 mulai jam 19.00 WIB di parkir utara Gedung Soetardjo. Tercatat ada tujuh peserta yang unjuk kebolehan.

Menurut Ketua PSRM Sardulo Anurogo, Diding Cahyono, FSRJ digelar untuk menjaga kelestarian kesenian reog di kabupaten Jember dan daerah lainnya (khususnya Tapal Kuda).

Pelestarian ini khususnya ditujukan kepada generasi muda agar lebih peduli akan kelestarian budaya. Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai wahana ruang bagi pelaku seni tradisional reog yang tumbuh dan berkembang di kabupaten Jember dan di daerah Tapal Kuda.

Sementara tema dari kegiatan ini adalah “Reog The Legend Of East Java” maksud dari tema ini adalah menggambarkan tentang seni reog yang merupakan suatu legenda yang lahir di Jawa Timur yang sekaligus merupakan suatu spirit yang tumbuh dan berkembang bagi masyarakat khususnya di Jawa Timur.

Reog juga merupakan suatu legenda yang lahir sebagai suatu budaya yang memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi dan sekaligus menjadikan seni reog sebagai suatu warisan budaya yang bukan hanya dimiliki oleh Indonesia saat ini, namun sudah menjadi suatu warisan budaya yang diakui oleh dunia internasional.

Peserta yang unjuk kebolehan antara lain Reog Singo Muncul dari Pontang, Ambulu, Singo Mudho, Kesilir Wuluhan, reog Kridho Budoyo, SMPN 1 Ambulu, Bantar Angin Probolinggo dan lainnya.

0 komentar:

Tags

Labels