Rabu, 25 Mei 2011

Main reog di dalam air

Mungkin Anda pernah melihat pertunjukan Reog Ponorogo di jalan atau lapangan terbuka saat acara tertentu. Namun, kini pertunjukan akan dibuat berbeda, dilakukan di dalam air aquarium utama Seaworld.

Pertunjukan ini dilakukan dalam rangka menyambut hari Ulang tahun PT Seaworld Indonesia Ke-15.


Meskipun terbilang sulit, mengingat peralatan Reog yang beratnya mencapai 20 kilogram dan panjang 3 meter, tapi tetap membuat si penari leluasa bergerak di dalam air. Dengan ayunan tarian yang luwes di kolam berkedalam 6 meter mampu menyihir para penonton khususnya anak-anak. Sebelum dimulai pertunjukan mereka diberikan pengetahuan tentang sejarah Reog. Dengan antusias mereka pun menyimak.

Puluhan pengunjung pun bersorak ketika reog Ponorogo yang terkenal itu menari di antara ikan-ikan, sambil menyapa di dalam aquarim. Anak-anak itu merasa terhibur dan bisa bermain sekaligus belajar.

Meskipun ini baru gladi resik, nampaknya pagelaran ini sudah mampu menyisih pengunjung. "Memang untuk gelarannya pada 7 Juni 2009 nanti, itu puncak acara ulang tahun Seaworld, meskipun hari ultahnya jatuh hari ini," kata Direktur PT Seaworld Indonesia, Sonny W. Widjanarko dalam jumpa pers Hari Ulang Tahun Seaworld Indonesia Ke-15, Ancol, Jakarta, 3 Juni 2009.

Pegelaran ini juga akan masuk rekor muri ke-21 bagi Seaworld Indonesia. Sebab pertunjukan ini pertama di dunia dan Indonesia. Nantinya Reog di dalam air akan bertemu dengan Reog di luar air. "Hanya satu orang penari Reog yang ada di dalam aquarium, mengingat Reog itu ukurannya besar, jadi tidak bisa semuanya masuk," tegasnya.

Makanya nanti akan dipertemukan dengan penari reog yang lengkap di luar air. Pertunjukan reog akan berlangsung selama 25 menit. Kenapa reog yang dipilih, menurutnya itu merupakan kebudayan Indonesia yang harus dilestarikan, karena beberapa waktu lalu reog diklaim oleh negara lain sebagai kebudayaan mereka.

"Kita ingin anak-anak tahu kalau reog itu punya bangsa indonesia, jadi harus menjaganya," imbuhnya.

Penari Reog tersebut merupakan penyelam profesional, jadi tidak perlu takut akan merusak satwa dan biota laut yang ada di aquarium utama. Selain menggelar pertunjukan Reog Ponorogo, Seaworld juga akan meresmikan wahana baru yakni Fish Dip (Fisioperahy kulit menggunakan ikan Garra Rufa), bukan itu saja, ada juga Tarian Saman, Debus dan Ondel-ondel meskipun tidak dilakukan di dalam air.

Ultah ini semakin meriah dengan adanya aksi donor darah dan Camping Under The Sea bersama Klub SiWoli yang akan berlangsung tanggal 20-21 Juni 2009. "Bulan Mei kemarin kami juga sudah memberikan program gratis masuk Seawolrd bagi guru dan dosen di seluruh indonesia. Kurang lebih 300 guru dan dosen datang kesini. Program Ini akan berlangsung setiap tahunnya pada bulan Mei," ungkap Sonny.

Syaratnya hanya dengan menunjukkan Kartu PGRI atau NIM Sekolah tempat mengajar. Sdangkan untuk keluarga guru mendapat diskon 25 persen. "Ini semua kami lakukan sesuai dengan moto Seaworld Indonesia 'Tak Kenal Maka Tak Sayang'," katanya.

for vivanews

0 komentar:

Tags

Labels